Posted on Leave a comment

10 Tips Singkat Merawat Rice Cooker Agar Sehat

miyako-rice-cooker-mcm-528-btk-jlh

1. Gunakan rice cooker maksimal 90% dari kapasitasnya. jika 100% kapasitas digunakan maka rice cooker akan bekerja maksimal dan bagian atas rice cooker akan cepat kotor bahkan terkadang air meluap keluar, ini akan mempercepat kerusakan.
2. buang air luapan yang ada di bagian belakang rice cooker setidaknya seminggu sekali atau saat terlihat penuh. tempat air luapan ini bisa dibongkar pasang. jika dibiarkan akan membuat body kotor dan bau tidak sedap.
3. saat hendak memasak, bagian luar panci harus benar-benar kering, jika ada air maka akan membuat karat pada elemen pemanas dan elemen akan mudah rusak.
4. Jika mati lampu, buka penutup rice cooker agar uap nasi keluar sehingga embun nasi tidak masuk ke dalam nasi. embun nasi akan menyebabkan nasi tidak nikmat lagi. gunakan penutup berlubang kecil-kecil (saringan) sebagai penutup sementara agar uap hilang dan lalat/cicak tidak mendekati nasi.
5. pada sebagian rice cooker, karet yang ada pada bagian dalam penutup rice cooker bisa dibongkar pasang. cuci dan bersihkanlah bagian ini seidaknya seminggu sekali agar nasi higienis.
6. bersihkan nasi/kotoran yang menempel pada bagian-bagian sempit rice cooker. jika kotoran ini dibiarkan maka akan mempengaruhi kinerja rice cooker dan mencemari nasi kita. biasanya kotoran ini menempel pada bagian selipan penutup dan bagian dalam rice cooker.
7. jika panci sudah terlihat cacat lapisannya, nampak coretan putih-putih, lapisan rusak, , panci harus diganti, ini akan membuat nasi tidak sehat. panci bisa dibeli terpisah.
8. untuk mendapatkan hasil masakan nasi yang lebih baik, saat lampu mode “masak” berpindah ke mode “penghangat”, aduk-aduklah nasi, dari bawah ke atas memutar, lalu posisikan switch ke mode “masak” kembali. ini akan membuat nasi lebih mengembang dan lebih nikmat.
9. saat terjadi masalah, rice cooker sebaiknya dibawa ke service center. supaya mendapatkan penanganan yang tepat. jika masih dalam masa garansi maka service dan spare part akan diberikan cuma-cuma oleh service center asalakan bukan karena kerusakan yang diakibatkan kesalahan pemakaian.
10. Masaklah secukupnya untuk 1 hari kebutuhan, jangan menyimpan nasi lebih dari 24 jam. karena nasi sudah tidak nikmat dan tidak sehat lagi. nasi akan menjadi keras, berkerak, dan menguning.

selamat memasak

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *